Pabrik Selep Beras di Lamongan

Mengintip Aktivitas Pabrik Beras di Sragen Solo - Tribunnews.com Mobile

UD Kembar Putra adalah unit usaha pabrik selep beras yang terletak di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Tepatnya berada di Dusun Ngembet, Kel. Banjarmadu, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

UD Kembar Putra ini sudah berjalan puluhan tahun. Dinamakan Kembar Putra karena anak dari pemilik usaha ini ada yang kembar. UD Kembar Putra dikenal sebagai pabrik selep beras terbesar di daerah Lamongan sehingga menjadi tumpuan produksi beras di Lamongan dan sekitarnya.

 UD Kembar Putra dimiliki oleh pemiliknya yakni Bapak H. Sadeli karena ada beberapa faktor. Faktor-faktor yang menyebabkan pemilik UD Kembar Putra ingin mengalih kepemilikan usaha ini antara lain:

  1. Kondisi kesehatan yang menurun
  2. Tidak ada anak atau keluarganya yang ingin meneruskan usaha beras ini
  3. Ingin meningkatkan kesejahteraan warga sekitar
  4. MEningkatkan sumbangan pajak ke negara

         Dengan adanya rencana dijualnya UD Kembar Putra ini, diharapkan produksi beras di Lamongan berjalan dengan baik. Sehingga, usaha ini bisa kembali menyerap tenaga kerja yang lebih banyak sehingga bisa bermanfaat untuk lingkungan sekitar pabrik. Karena dengan tidak optimalnya operasional pabrik sekarang, tenaga kerja yang terserap juga tidak maksimal.

        Tenaga kerja yang bisa diserap berasal dari warga sekitar. Pabrik ini bisa menyerap 20-30 orang pekerja setiap harinya sehingga sangat membantu perekonomian warga sekitar. Dengan demikian, pabrik ini memiliki efek ganda yang bisa membantu banyak orang. Selain tentu pemilik, warga sekitar yang belum bekerja bisa diuntungkan dengan adanya lapangan kerja di pabrik selep beras ini.

         Dengan demikian, peluang untuk akuisisi usaha pabrik selep beras ini cukup terbuka. Selain pasarnya sudah ada, alat-alat di pabrik selep ini juga selalu dirawat sehingga ketika proses akuisisi usaha selesai, proses produksi bisa langsung berjalan dengan baik dengan tenaga kerja yang optimal dan sudah berpengalaman.

Model Bisnis Pabrik Selep Beras

         Model bisnis dari UD Kembar Putra adalah produksi beras ke distirbutor. Harga jual UD Kembar Putra ke distributor beras berkisar Rp 9.000 – Rp 9.200 per kg. Harga beras tergantung fluktuasi pasar dan permintaan pasar.

         Produk yang dijual oleh UD Kembar Putra antara lain:

  1. Beras bahan
  2. Beras jadi
  3. Jasa giling beras
  4. Katol (sisa hasil gilingan berasi)

         Beras bahan adalah beras yang dijual ke distributor tanpa merk. Distributor beras sendiri yang akan memberi merk pada karung beras sesuai dengan merk masing-masing. Beras bahan menjadi produk utama di UD Kembar Putra karena proses pembeliannya cepat (setiap hari) dan banyak distributor yang mau ambil karena beras belum diberi merek.

         Kemudian beras jadi adalah beras yang sudah diberi merk distirbutor beras sesuai dengan merk distributor masing-masing di karungnya. Sehingga distirbutor beras tiggal mengambil beras yang sudah jadi. Beras jadi produksinya tidak terlalu besar tergantung permintaan dan jumlahnya biasanya tidak terlalu banyak.

         Jasa giling beras biasanya digunakan oleh para pengepul beras skala kecil yang tidak mempunyai alat giling beras. Jasa giling beras bisa menjadi tambahan penghasilan harian yang bisa menutup biaya operasional harian. Namun, jika kapasitas produksi beras sendir sudah full, maka jasa giling beras ini tidak menerima orderan terlebih dahulu.

         Katol/bekatul adalah sisa hasil gilingan beras. Biasanya dipakai peternak hewan ternak dan unggas sebagai bahan makanan hewan ternak dan unggas. Katol juga bisa dipakai untuk bahan obat-obat herbal oleh beberapa produsen obat herbal sehingga bisa bermanfaat untuk kesehatan orang banyak.

Baca Juga : Pabrik Beras Kapasitas Satu Juta Ton Bakal Dibangun di Luwu Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *