Stek Batang Aglaonema Yang Benar

Mengenal Tanaman Aglaonema dan Jenisnya. Cantik tapi Beracun! | Rumah123.com

Stek batang aglaonema sangat dibutuhkan karena tanaman aglaonema banyak disukai orang dari Sabang sampai Merauke karena keindahan motif daunnya dan bisa dipakai sebagai tanaman hias indoor. Varian aglaonema hibrida memiliki banyak jenis warna dan motif. Para ahli tanaman berusaha meningkatkan kualitas aglonema karena kebutuhan aglonema terus meningkat.

Pembiakan generative sangat susah dilakukan dan membutuhkan waktu yang lama. Pembiakan ini hanya dilakukan oleh para ahli untuk mendapatkan varian baru. Cara memperbanyak aglaonema dengan cepat adalah dengan pembiakan vegetatif. Ada 4 cara pembiakan vegetatif, stek batang, stek pucuk, stek anakan dan cangkok.

Stek batang membutuhkan waktu 4 – 6  bulan dan anakan sudah sudah siap untuk dijual. Semakin panjang batang aglaonema yang di stek, akan semakin banyak anakan yang dihasilkan. Pada stek batang, setiap batang juga akan menghasilkan satu stek pucuk.

Cara Budidaya Tanaman Aglaonema yang Mudahkan Pemula - Hot Liputan6.com

Tahapan Stek Batang Aglaonema

Mengembangbiakkan aglaonema dengan stek batang dilakukan bila permintaan aglaonema meningkat, atau aglaonema tersebut lambat dalam pertumbuhan anakannya. Cara stek batang tanaman aglaonema yang benar dan mudah dilakukan, dengan tahapan sebagai berikut :

  1. Siapkan tanaman aglaonema yang batangnya sudah panjang dan tanaman tersebut dalam kondisi sehat.
  2. Siapkan peralatan dan bahan, peralatan yang disiapkan adalah tray pembibitan atau pot ukuran 8 – 10, ember dan pisau yang tajam, diusahakan pisau sebelum digunakan disteril, bisa direbus atau dilap dengan alkohol 90%. Adapun bahan yang digunakan adalah fungisida, hormon perangsang akar, vitamin B1 dan ZPT.
  3. Siapkan media tanam yang steril dan porous, yang baik menggunakan sekam bakar yang tidak tercampur oleh abu, atau cocopit halus yang sudah direndam dan distreil (bisa dikukus), direndam untuk membuang tannin, dan dikukus untuk mematikan hama dan penyakit.
  4. Potong batang aglaonema diatas media tanam, sisakan 1 – 2 daun atau minimal ada satu tunas tersisa.
  5. Cuci bersih batang aglaonema yang sudah dipotong, dan celupkan 1-2 menit kedalam larutan fungisida, angkat dan angin-anginkan.
  6. Setelah batang aglaonema kering, buat potongan per ruas daun, minimal ada satu mata tunas per potongan batang.
  7. Luka potongan ditutup dengan fungisida (misal Dithane M45), dan biarkan mengering.
  8. Sebelum ditanam olesi potongan batang aglaonema dengan hormon perangsang akar (misal Roton F) sampai merata kesemua potongan batang.
  9. Bila potongan batang aglaonema yang akan ditanam jumlahnya banyak (budi daya bibit) lebih efisien ditanam dengan tray pembibitan, namun bila sekedar hobi penanaman bisa menggunakan pot plastik ukuran 8 – 10
  10. Tanam potongan batang aglaonema tersebut pada media yang sudah disiapkan, untuk potongan batang yang masih terikut 1 tangkai daun tanam dalam posisi berdiri dan semua batang terendam media. Dan untuk potongan batang aglaonema saja tanam dalam posisi miring atau horizontal dengan mata tunas dibagian atas. Untuk potongan pucuk tanam di pot.
  11. Siram potongan batang dan pucuk aglaonema  yang sudah ditanam dengan larutan campuran vitamin B1 dengan ZPT (misal Atonik) dengan dosis 1 cc/liter air, siram sampai media tanamnya basah.
  12. Tempatkan potongan batang dan pucuk aglaonema yang sudah ditanam tersebut di tempat yang teduh.
  13. Penyiraman dilakukan dengan dispray halus dimana media tanam mulai kelihatan kering, perlu diperhatikan media tanam jangan sampai kering melebihi dalamnya potongan batang yang ditanam, dan jangan terlalu basah secara terus menerus.
  14. Tunas dan akar akan muncul setelah 6 – 8 minggu, dan kemudian tanaman mulai dikenakan cahaya matahari dibawah seding net (paranet 80 – 90%)
  15. Setelah anakan aglaonema muncul 2 – 3 daun dapat dipindah tanamkan (repotting) dengan pot plastik ukuran 10 dengan media tanam  khusus untuk pertumbuhan aglaonema remaja. Silahkan lanjut membaca media tanam yang baik untuk aglaonema.
7 Tanaman Aglaonema Merah Paling Hits, Ini Daftar Harganya

Kunci keberhasilan dalam stek batang aglaonema ini adalah sterilisasi pisau potong yang digunakan dan media tanam, serta menjaga kelembaban media tanam dan kelembaban udara sesuai yang dibutuhkan.

Terima kasih

Baca Juga : Mudahnya Merawat Tanaman Janda Bolong di Rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *