Manfaat Kelapa Sawit

Minyak kelapa sawit adalah minyak sayur nabati yang mengandung lemak jenuh dan tidak jenuh, vitamin E, beta karoten, higga antioksidan. Karena kandungannya tersebut, manfaat kelapa sawit sangat banyak dan bukan hanya bisa dijadikan minyak, tapi juga dapat dijadikan bahan kosmetik, sabun, pasta gigi, lilin, pelumnas, dan tinta.

Manfaat kelapa sawit

Kelapa sawit yang dijadikan minyak memiliki banyak manfaat, namun sebagian masih harus diteliti lebih lanjut. Menurut penelitian, sejumlah manfaat minyak kelapa sawit salah satunya adalah membantu mengurangi risiko kekurangan vitamin A.

Selain kaya vitamin A, kelapa sawit juga mengandung tocotrienol, vitamin E dengan antioksidan yang kuat dan mendukung kesehatan otak. 

Tocotrienol dalam minyak kelapa sawit juga bermanfaat untuk melindungi otak dari lemak tak jenuh ganda dan demensia, stroke, serta mencegah pertumbuhan tumor otak.

Manfaat minyak Kelapa Sawit

Takaran minyak kelapa sawit yang disarankan

Meski khasiat minyak kelapa sawit sangat banyak, namun konsumsinya tetap perlu dibatasi. Konsumsi kelapa sawit yang disarankan per hari adalah:

  • Anak-anak usia kurang dari 5 tahun: 2 sendok makan 
  • Anak-anak usia di atas 5 tahun ke atas dan orang dewasa: 3 sendok makan
  • Wanita hamil: 4 sendok makan

Mencukupi kebutuhan harian minyak kelapa sangat penting. Namun, konsumsinya tidak perlu berlebihan karena dapat menimbulkan sejumlah risiko.

Kelebihan mengonsumsi minyak kelapa sawit dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga meningkatkan penyakit jantung, seperti jantung koroner. 

Oleh karena itu, konsumsinya perlu dibatasi dan dianjurkan hanya 7% lemak jenuh dari total kalori harian yang dibutuhkan tubuh atau kurang dari 14 gram lemak jenuh tiap 2000 kalori per hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *